Roberto Martinez Ingin Pertahankan Gareth Barry

Roberto Martinez Ingin Pertahankan Gareth Barry

Roberto Martinez Ingin Pertahankan Gareth Barry

Walau hanya berstatus pinjaman pada musim ini membuat Gareth Barry menjalani peran penting di Goodison Park. Pelatih Everton Roberto Martinez mengaku ingin sekali mempertahankan sang pemain, namun ia tidak ingin terburu-buru membicarakan permasalahan kontrak permanen kepadanya. Pelatih berkebangsaan Spanyol itu mengaku sangat memuji kontribusi yang ditunjukan oleh Gareth Barry di sepanjang laga Liga Premier di musim ini, walau hanya berstatus sebagai pemain pinjaman namun Martinez siap menindak lanjuti masa depannya pada musim panas mendatang. Barry sengaja dipinjamkan oleh Manchester City pada musim ini, karena komposisi lini tengah yang cukup banyak di era kepemimpinan Manuel Pellegrini, sehingga opsi pinjaman jangka panjang pun dinilai sangat tepat baginya dan ternyata performanya dijawab dengan baik sejak awal musim ini.

Martinez ingin menawarkan kontrak jangka panjang kepada pemain berusia 32 tahun tersebut, namun ia menegaskan hal itu tidak akan terjadi pada awal tahun, sebagaimana ia ingin menghormati kesepakatan yang sudah terjalin dan membuat Barry memutuskan masa depannya di akhir musim. Barry akan berstatus sebagai pemain bebas transfer di musim panas mendatang, ketika kontraknya di Manchester City telah berakhir dan sebelumnya menegaskan kalau ia ingin menetap di Everton. “Peran Gareth Barry sangat penting atas pencapaian kami sejauh ini dan saya ingin memilikinya untuk jangka waktu bertahun-tahun ke depan, namun proses pembicaraan ini baru akan terlaksana pada musim panas mendatang,” ungkap sang pelatih Everton. “Perjanjian kesepakatan itu hingga akhir musim dan bagi Gareth hanya menikmati permainan sepakbola dan saya tidak ingin merubah hal tersebut.

Saya sama sekali tidak melihatnya sebagai salah satu kebutuhan utama. Ada salah satu kepercayaan yang harus kami junjung tinggi dalam status yang telah kami sepakati dan saya ingin mulai saat ini Gareth terus melanjutkan kinerjanya dan berkonsentrasi penuh pada sepakbola di paruh kedua musim ini. “Saya sama sekali tidak ingin memikirkan masa depannya, yang kemungkinan justru bisa merusak penampilannya yang saat ini terlihat sangat dinikmati olehnya dan itu merupakan sebuah kesepakatan diantara kami.” Martinez juga sangat senang bisa melihat Barry dengan cepat menyatu dengan rekan-rekan barunya di Everton, dan sama sekali tidak diragukan bahwa keputusannya untuk pindah kemungkinan bisa menyelamatkan karir persepakbolaannya. Mantan pelatih Wigan Athletic itu menambahkan:

“Gareth bukan tipikal pemain yang ingin merubah keputusannya di menit-menit akhir, ia juga mengetahui apa yang diinginkannya. Kami sudah pasti menginginkannya dan membutuhkan peran sentral yang harus dijalani olehnya di klub ini dan kemudian pada musim panas kami akan memilih dan memutuskan apa yang ingin ia lakukan. “Saya berharap hal itu segala-galanya. Saya mengatakan kepadanya, sebelum ia bergabung dan telah mendapatkan sebuah peranan penting dan ia harus menikmati peran itu. “Gareth berada pada posisi yang lebih baik dalam karirnya saat ini, di mana ia bisa menetapkan sebuah keputusan apa yang ingin ia lakukan, ketimbang urusan keuangan atau durasi kontrak yang ingin diperolehnya. “Saya mempercayai Gareth karena ia benar-benar menikmati permainan sepakbola yang saya berikan kepadanya dan kemudian kami akan duduk satu meja membicarakan langkah selanjutnya.”