Ozil Adalah Kunci Era Baru Kesuksesan Arsenal

Ozil Adalah Kunci Era Baru Kesuksesan Arsenal

Ozil Adalah Kunci Era Baru Kesuksesan Arsenal

Sebelum membaca tulisan ini lebih jauh, mari kita kembali ke tahun 2003 dan 2004. Lebih tepatnya lagi ke Liga Premier Inggris musim 2003/2004. Untuk semua penggemar Gudang Peluru yang kebetulan membaca tulisan ini pasti akan langsung mengerti apa yang tulisan ini maksud. Untuk para penggemar klub lain yang mungkin hidup dalam gua, pada rentang waktu tersebut adalah waktu The Invicible Arsenal yang mengungkapkan bahwa mereka tidak pernah kalah sekalipun dalam Liga Premier Inggris pada tahun tersebut. Tentu saja sekaligus mereka menjadi juara di tahun itu. Mereka melakukannya secara luar biasa apalagi pada saat itu terhitung adalah era modern.

Arsenal hingga saat ini menjadi satu-satunya klub dalam era modern Liga Premier Inggris yang mencapai hal tersebut. Preston North End pernah melakukannya juga tapi sudah lama sekali yakni pada tahun 1880. Jadi kita bisa bahkan mengatakan Arsenal adalah the one and only tim yang bisa mencapai hal itu. Alasan kenapa kemudian tulisan ini mengangkat hal itu bukan untuk bernostalgia tetapi untuk mengingatkan itulah terakhir kalinya Arsenal mengangkat tangan untuk sebuah piala bergengsi, karena setelahnya mereka “hanya” menang piala FA pada tahun 2005 dan selama delapan tahun berikutnya tidak pernah mendapatkan gelar apa-apa lagi mereka hanya bisa mencapai runner-up.

Pada saat Arsenal melakukan rekor tidak terkalahkan selama setahun tersebut, mereka memiliki segudang pemain berbakat dan bermental juara dalam diri Robert Pires, Ashley Cole, Dennis Bergkamp dan sang penyerang yang sangat efektif serta legenda hidup luar biasa yakni Thierry Henry. Mereka mampu menaklukkan semua klub di kompetisi tertinggi di Inggris. Maka, setiap tahun pula sejak tahun 2005 para fans Arsenal mengharapkan hal tersebut terjadi lagi. Arsenal dalam rentang waktu 2005-2012 mempunyai para pemain luar biasa juga seperti Van Persie, Fabregas, Nasri, Clichy, Lehmann dan lainnya tapi tidak ada yang bisa seperti skuad 2003-2004.

Pada tahun 2013 ini para fans Arsenal sedikit lebih percaya diri dan benar-benar percaya bahwa minimal Arsenal akan juara Liga Inggris tanpa perlu mengulang rekor tak terkalahkan itu. Jawabannya adalah ada pada diri Mesut Ozil. Ozil adalah bahan kunci yang selama ini Wenger cari. Ozil mempunyai mental juara khas Jerman dan juga memang dia pernah merasakan juara dengan Real Madrid. Sikap pemain seperti inilah yang dibutuhkan Arsenal untuk juara. Jangan lupakan juga bakat luar biasa Ozil. Dalam tiga tahun terakhir ini dia mencetak 60 assists yang menempatkannya menjadi yang terbaik di atas Messi, Ribery dan Ronaldo dalam hal assists. Terbukti pula bahwa sampai saat ini Arsenal masih menjadi pemuncak klasemen. Andil Ozil sangat besar dalam hal ini. Maka, mari kita saksikan kelahiran baru skuad luar biasa milik Arsenal.