Nikica Jelavic Siap Perebutkan Posisi Utama

Nikica Jelavic Siap Perebutkan Posisi Utama

Nikica Jelavic Siap Perebutkan Posisi Utama

Penyerang Everton Nikica Jelavic ternyata belum memikirkan untuk sepenuhnya hengkang dari Goodison Park. Hal itu diungkapkan olehnya setelah membantu timnya menyingkirkan Queens Park Rangers di babak ketiga Piala FA dengan menyumbangkan dua gol untuk kemenangan empat gol tanpa balas. Karena itu Jelavic mengungkapkan dirinya tidak akan menyerah dan siap berjuang untuk memperoleh kepercayaan dari pelatih Roberto Martinez, setelah memberikan kesempatan kepadanya dengan tampil cemerlang di kejuaraan tersebut. Dan sekaligus penawaran yang ada baginya saat ini tidak membuat kubu The Toffees menerima begitu saja, mengingat tim yang baru disingkirkan olehnya, telah mengungkapkan rasa ketertarikan kepadanya. Torehan dua gol – yang merupakan hasil jerih payahnya untuk pertama sejak Maret setahun lalu – membantu timnya lolos ke putaran empat.

Kendati demikian penyerang yang memiliki bandrol 5.5 juta pound dan didatangkan dari Rangers pada Januari 2012, baru lima kali merumput di kompetisi Liga Premier pada musim ini, setelah kesulitan untuk mencari performa terbaiknya. Bintang asal Kroasia itu sebelumnya sempat mencari tempat pelabuhan karir yang lain, karena upayanya untuk menembus tim nasional Kroasia dan berpartisipasi pada Piala Dunia 2014 mendatang, dengan harapan bermain penuh di tim utama. Pelatih Roberto Martinez sempat mengutarakan kalau ia tidak pernah memiliki niatan untuk menahan karir seseorang, dan hal ini membuat Queens Park Rangers mengajukan tawaran kepada penyerang berusia 28 tahun itu. Kendati demikian, Jelavic, yang kalah bersaing dengan pemain pinjaman Chelsea, Romelu Lukaku, ingin mencoba bersaing kembali dan memperebutkan tempatnya di tim utama, sebelum menginjakkan kaki di tim lain.

“Memang tidak pernah mudah. Namun Rom saat ini memang sedang menanjak – jika boleh jujur saya juga sepakat dengan pelatih. Walau demikian saya berlatih keras dan setiap hari saya mencoba untuk menunggu kesempatan itu tiba. “Kini setidaknya pelatih sudah melihat kemampuan saya dan ia juga bisa menganalkan saya sebagaimana mestinya, karena itu kita lihat saja nanti. Pada akhirnya kami harus melihat apa yang bisa dilakukan, namun saya berharap ia bisa memberikan kesempatan lebih banyak lagi kepada kami.” Pada pertandingan itu seharusnya Jelavic bisa menorehkan tri-gol pertamanya bagi Everton di musim ini, namun sayang tendangan lambung penaltinya masih mengenai mistrar gawang di menit-menit akhir.

Ia mengatakan: “Yang ada di dalam benak pikiran saya hanya terlontar begitu saja untuk melambungkan bola. Pada akhirnya saya harus menerima kenyataan pahit dan gagal menyarangkannya. Tetapi ini merupakan bagian dari sejumlah pertandingan di depan yang telah menanti. Saya berharap bisa mendapat kepercayaan lagi dan kemudian mencetak gol lebih banyak di kesempatan lain.” Hebatnya lagi gol tersebut tiba setelah pemain asal Kroasia itu telah 10 bulan absen tanpa mencetak satu gol pun, dan sama halnya dengan Heitinga, sejak Roberto Martinez tiba di Goodison Park, segala sesuatunya menjadi sulit bagi kedua pemain itu untuk tampil di tim utama dan membuka kesempatan tampil membela di negaranya masing-masing untuk Piala Dunia mendatang.

Martinez mengatakan: Jika situasi di mana Niki bisa bermain sepakbola dan mempersiapkan penampilannya untuk Piala Dunia, dan sebagai salah satu klub sepakbola yang terbuka, maka kami akan mengizinkannya pindah, kemudian kita lihat dan mempertimbangkannya, karena kami tidak pernah menahan tekad dan ambisi untuk menghalanginya.”