Meloloskan Skotlandia Ke Euro 2016 Jadi Misi Gordon Strachan

Meloloskan Skotlandia Ke Euro 2016 Jadi Misi Gordon Strachan

Meloloskan Skotlandia Ke Euro 2016 Jadi Misi Gordon Strachan

Meloloskan Skotlandia Ke Euro 2016 Jadi Misi Gordon Strachan – Dalam waktu singkat, Gordon Strachan telah berhasil mendongkrak tim nasional Skotlandia yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi tim yang lebih baik dengan sejumlah perubahan. Peningkatan yang dilakukan oleh Strachan sejak menukangi tim nasional Skotlandia 13 bulan yang lalu mengartikan bahwa terdapat kegembiraan publik Skotlandia menyambut tim kebanggaannya berkompetisi di masa mendatang. Langkah berikutnya adalah melewati fase kualifikasi Piala Eropa 2016. Gordon Strachan secara gamblang telah menyatakan bahwa ambisinya untuk Skotlandia adalah lolos ke Piala Eropa 2016 yang akan dihelat di Perancis. Strachan memandang bahwa seluruh kesuksesan bermain adalah saling dukung antara pelatih, pemain, dan juga fans. Pandangan Strachan tersebut dapat dikatakan logis, mengingat masa-masa dimana Skotlandia memiliki talenta sebesar Denis Law dan Kenny Dalglish semakin sulit ditemukan.

Meloloskan Skotlandia Ke Euro 2016 Jadi Misi Gordon Strachan – Sebenarnya Skotlandia juga memiliki pemain yang signifikan dalam menentukan kemenangan di dalam diri James McFadden, namun kualitasnya jelas masih di bawah Law dan Dalglish. Terkait hal ini, Strachan berkata: “Kami bukanlah negara yang telah memproduksi pemain-pemain yang dapat mengeliminasi pemain, melewati para pemain lain, dan mencetak banyak gol. Kami tidak memiliki pemain sekelas Hazard, Oscar, Modric, Suarez, dan Bale. Seluruh hal yang kami lakukan harus dengan cara kerja tim. Sehingga, apabila anda seperti demikian anda harus bekerja lebih sebagai tim. Kami telah berlatih, berlatih, berlatih, dan berlatih. Jika salah satu atau dua dari mereka berpikir bahwa adalah sulit bekerja dalam tim maka, tidak beruntunglah. Kami tidak dapat dipimpin hanya dengan satu atau dua orang. Banyak orang heran mengapa kami gagal mengalahkan Serbia dalam pertandingan terakhir kami.

Meloloskan Skotlandia Ke Euro 2016 Jadi Misi Gordon Strachan – Lalu, anda menonton Manchester City meladeni Chelsea, dua dari skuad-skuad terbaik di dunia, dan terdapat empat orang Serbia yang bermain. Pemain-pemain kami tidaklah sehebat para pemain Serbia tersebut yang harus anda hadapi.” Pelatih yang sebelumnya menangani klub raksasa Skotlandia, Glasgow Celtic itu tetaplah berpandangan realistis. Ia mengakui pandangan realistisnya dengan mengatakan lolos kualifikasi turnamen besar kini jauh lebih sulit ketimbang di masa ia masih bermain. Kala itu, Skotlandia masih dipenuhi talenta-talenta yang mampu bersaing di level Eropa, sehingga kualifikasi menjadi lebih mudah. Apa yang dikemukakan Gordon Strachan bagaikan pisau bermata dua. Di satu sisi, ia mencoba mengedepankan kerjasama tim di atas kemampuan individu.

Meloloskan Skotlandia Ke Euro 2016 Jadi Misi Gordon Strachan – Hal tersebut tentu tidak salah, mengingat kualitas skuadnya yang masih kalah dibanding calon-calon negara peserta lainnya. Namun, di sisi lain ia juga tanpa sadar terlalu merendah akan talenta yang dimiliki skuadnya. Hal ini, apabila salah diterjemahkan maksudnya oleh para pemain Skotlandia tentu saja justru akan lebih menjadi demotivasi dibandingkan motivasi. Apa yang semestinya juga dilakukan Strachan adalah memompa kepercayaan diri para pemainnya dengan tidak terlalu menggambarkan talenta-talenta negara lain jauh lebih superior.