Berita Bola Online Tata Martino Sang Arsitek Baru

Tata Martino Sang Arsitek Baru

Tata Martino Sang Arsitek Baru

Berita Bola Online – Barcelona boleh dikatakan lagi panas-panasnya kali ini, dan tim ini masih tetap garang di bawah manajer barunya Gerardo Martino. Memang skema dan susunan skuad yang diusung masih nggak jauh berbeda dari apa yang di racik oleh Pep Guardola, yang diteruskan oleh Tito Vilanova. Dan kini klub Catalan itu di latih oleh Gerardo Daniel ‘Tata’ Martino (lahir 20 November 1962) yang berasal dari Argentina dan mantan gelandang sepak bola. Karir bermain Martino sebagian besar dihabiskan untuk Newell `s Old Boys di Rosario. Dia memegang rekor penampilan tim itu dengan total bermain sebanyak 505 pertandingan di semua kompetisi resmi. Ia juga terpilih dalam jajak pendapat penggemar sebagai pemain terbaik Newell sepanjang sejarah klub.

Pada Februari 2007, Martino ditugaskan sebagai pelatih kepala tim nasional sepak bola Paraguay, menggantikan Anibal mano Ruiz. Pengetahuan dan sukses dalam manajerial di timnas Paraguay adalah parameter yang memposisikan dirinya sebagai pilihan terbaik untuk pekerjaan (kandidat lainnya adalah Nery Pumpido dan Miguel Ángel Russo). Sebelumnya, Martino telah memenangkan liga Paraguay empat kali dari 2002 sampai 2006. Pada tahun 2008, Martino dikaitkan untuk posisi manajerial di klub Iran Pro League dalam skuad Baja Azin, namun kesepakatan itu dibatalkan karena alasan pribadi. Pada tanggal 5 Juli 2010, Martino mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri sebagai pelatih Paraguay ketika mereka kembali dari Piala Dunia FIFA 2010.

Martino menegaskan bahwa dengan kontrak empat tahunnya bersama Paraguay berakhir, dia tidak akan memperpanjang untuk melatih tim nasional Paraguay. Namun, pada tanggal 10 Juli 2010, Martino setuju untuk tetap sebagai pelatih Paraguay sampai setelah Copa America 2011. Setelah mencapai semifinal Copa Libertadores dengan klub Argentina Newell Old Boys, Pada 22 Juli 2013, Martino telah dikonfirmasi diangkat sebagai manajer klub Spanyol FC Barcelona untuk menggantikan Tito Vilanova yang mengundurkan diri tiga hari sebelumnya. Dirinya menandatangani kontrak dua tahun di Barcelona. Pertandingan kompetitif pertamanya bertanggung jawab atas Barcelona pada 18 Agustus 2013 melawan Levante, pertandingan dimana Barcelona menang 7-0 pada akhir pekan pembukaan musim La Liga 2013-14.

Pada 26 Oktober 2013, Martino menang 2-1 melawan rival abadi jklub Barca, Real Madrid di Camp Nou, memenangkan Clasico pertamanya sebagai pelatih Barcelona. Tiga hari kemudian Barcelona kemudian memenangkan pertandingan dengan skor 3-0 di Celta dan Tata menjadi pelatih pertama dalam sejarah Barcelona untuk tidak kalah dalam 16 pertandingan pertama mereka. Gerardo Martino lebih suka bermain menekan dengan tempo yang sangat tinggi dan gaya sepakbola menyerang sementara juga menekankan pada penguasaan bola seperti mentornya Marcelo Bielsa. Berita Bola Online