Berita Bola Online Lima Kunci Kesuksesan Timnas U-19

Lima Kunci Kesuksesan Timnas U-19

Lima Kunci Kesuksesan Timnas U-19

Berita Bola Online – Tim nasional Indonesia U-19 baru saja mereguk prestasi membanggakan. Belum usai euforia kemenangan Piala AFF bulan september lalu, kini tim asuhan Indra Sjafri telah bersiap melaju dalam laga selanjutnya, Piala Asia 2013. Termasuk salah satu dari empat tim di group G, Evan Dimas dkk dengan mulus menundukkan tiga rival berturut-turut di babak kualifikasi group. Usai menggulung Laos di laga perdana dengan skor 4-0, Indonesia yang menjadi tuan rumah ajang penyisihan Group G menyisihkan tim anak bawang, Filipina dengan skor 2-0. Dan baru saja, timnas garuda muda memenangi laga hidup mati melawan skuad juara bertahan, Korea Selatan lewat angka 3-2. Ketangguhan timnas Indonesia U-19 dalam babak kualifikasi ini terangkum dalam 5 poin berikut.

1. Kantongi Kekuatan Lawan

Dalam tiap pertarungan , mengetahui kekuatan lawan seperti adalah kartu AS. Itulah yang terjadi pada skuad asuhan pelatih jenius Indra Sjafri ini. Dengan lihai, Indra membaca kelemahan tim lawan mulai dari Laos, hingga Korsel dan mengeksplitasinya menjadi senjata andalan. Contohnya ketika menghadapi Korea yang notabene adalah skuad unggulan group G. Tim lawan yang unggul agregat gol, memaksa Evan Dimas dkk meraih gol sebanyak-banyaknya. Diungkap oleh Rudy Wiliam Keltjes, Direktur teknik Timnas U-19, celah dari kemenangan timnas atas Korea adalah walau Korea memenangi laga sebelumnya, tapi skuad berjuluk Taegguk ini sedang dalam tren negatif.

2. Jaga Spirit Tetap Menyala

Salah satu bukti kejeniusan Indra Sjafri ialah ketika menjaga mental bertanding jajaran pemainnya. Lihat saja, selama 90 menit penuh berlaga di tiga partai, Evan Dimas dkk terlihat tetap bermain panas.

3. Tingkatkan Kekuatan Fisik

Sudah bukan rahasia bahwa stamina adalah kunci penting untuk para atlet sepakbola. Keunggulannya adalah timnas Indonesia sedang dalam rentan usia muda yang tak memiliki masalah dengan stamina ataupun kekuatan. Tapi tim lawan pun berada dalam rentan usia yang sama! Karena itulah, jauh-jauh hari sebelum laga, Indra Sjafri dikabarkan telah berkoordinasi dengan tim medis timnas U-19 untuk menggembleng skuadnya dalam sesi latihan yang disiplin.

4. Lupakan Euforia

Menjadi juara di laga sebelumnya, dapat menjadi hal positif namun juga bisa-bisa berbalik menyerang kubu timnas sendiri. Rasa puas yang berlebih adalah masalah untuk semua tim sukses. Inilah yang terus menerus ditegaskan oleh Indra Sjafri. Diungkapkan oleh pelatih ini, ketika para garuda muda menghadapi Laos. “Lihat sendiri, mereka malas lari,” sindir Indra. “Mereka masih sangat muda, gampang puas dan sudah menganggap diri mereka hebat. Ini tak boleh terjadi.’

5. Tingkatkan Efektifitas Permainan

Sepanjang babak penyisihan, dalam setiap laga terlihat jelas pemain Indonesia semakin meningkatkan permainan. Kecepatan yang terlihat meningkat juga akurasi umpan serta serangan yang semakin dewasa kian nampak. Dan, salah satu highlight penting adalah, timnas jarang sekali melakukan kesalahan. Berita Bola Online