Atribut Lengkap Suporter Sepak Bola di Stadion

Atribut Lengkap Suporter Sepak Bola di Stadion

Atribut Lengkap Suporter Sepak Bola di Stadion

Atribut Lengkap Suporter Sepak Bola di Stadion – Sebut saja namanya Toni. Toni adalah salah seorang penggemar sepak bola yang fanatik. Dia adalah seorang suporter yang selalu menyempatkan diri datang ke stadion. Dia sudah bersiap dengan terompet di tangan kanannya. Syal di lehernya. Dan tentu saja seragam kebesaran klub yang akan didukungnya. Lain lagi si Tono, Tono juga seorang penggemar sepak bola seperti Toni, namun yang berbeda dengan Toni adalah, Tono sepertinya terlihat lebih total dalam mendukung tim kesayangannnya. Tono rela mengecat rambutnya dengan warna yang senada dengan seragam klub kesayangannya. Bahkan seluruh tubuhnya dilumeri oleh cat dan tato nama pemain-pemain tim inti klub tersebut. Maka, orang-orang yang kemudian menjulukinya fans garis keras alias ultras dari klub tersebut.

Atribut Lengkap Suporter Sepak Bola di Stadion – Tetapi, Tono tidak berterompet dan tidak mempunyai syal akibat uangnya sudah habis untuk membeli cat rambut dan cat tubuh plus membayar ahli tato mengukir nama-nama pemain di sekujur tubuhnya. Lalu masih pantaskah Tono disebut sebagai suporter klub tersebut dengan sempurna? Karena dia tidak membeli merchandise resmi klub yang artinya dia tidak membantu keuangan klub. Lalu seperti apa seorang penggemar klub sepak bola yang sempurna? Apakah Toni? Atau yang terlihat totalitas seperti Tono? Jawabannya memang kemudian menjadi debatable. Bisa saja kemudian ada Tono lain yang lebih kaya dan lebih mampu untuk membeli barang-barang merchandise sebuah klub. Tapi, sebenarnya apa yang kemudian kita sepakati? Yang kita sepakati satu kita sama-sama cinta dan suka terhadap sepak bola. Bukankah itu sudah cukup dan tidak usah diperdebatkan lagi seperti apa kita dalam mendukung, tetapi sudahkah kita cukup santun untuk tidak terpancing dalam perdebatan panjang tanpa ujung.

Atribut Lengkap Suporter Sepak Bola di Stadion – Atribut suporter yang terlihat memang sejatinya hanyalah sebuah pernak-pernik yang gampang untuk dinilai. Tetapi atribut suporter yang tidak terlihat justru yang sebenarnya lebih berharga. Contohnya bisa saja seseorang membeli aksesoris sebuah klub karena klub itu sedang menjadi terkenal sekarang tetapi kemudian dia menjadi penggemar kutu loncat dengan menjadi penggemar klub lain yang lebih terkenal kemudian. Tetapi ada seseorang yang begitu setia mendukung sebuah tim baik sedang turun maupun sedang naik. Bahasa mudahnya adalah jika kita mendukung sebuah tim yang sedang naik maka sudah sepatutnya kita memberikan semangat sebuah tim yang sedang turun.

Atribut Lengkap Suporter Sepak Bola di Stadion – Begitulah sejatinya seorang suporter sepak bola. Dianya adalah orang yang setia dengan satu klub. Bukan yang kemudian orang kaya yang punya banyak uang untuk membeli semua jersey klub sepak bola terkenal. Seorang suporter secara harafiahnya kan memang artinya adalah seorang pendukung. Bukan seorang pencaci maki ataupun seorang pengkritik terus menerus. Boleh memberikan kritik tapi berikanlah kritik yang membangun. Jadilah seorang suporter sepak bola sejati. Mari !