Agen Bola Ozil Bukan Orang Jerman Pertama di Arsenal

Ozil Bukan Orang Jerman Pertama di Arsenal

Ozil Bukan Orang Jerman Pertama di Arsenal

Agen Bola – Kepindahan Mesut Ozil ke Arsenal di bursa transfer musim panas 2013/2014 ini memang sempat mengejutkan banyak penggemar sepakbola dunia. Tanpa ada “angin” sama sekali, pemain tersebut tiba-tiba saja meninggalkan mantan klubnya, Real Madrid. Padahal, ia merupakan salah satu pemain andalan di sana, dalam beberapa musim terakhir. Transfer Ozil senilai 42,4 juta poundsterling atau setara dengan Rp723 miliar itu pun menjadi pembelian termahal yang pernah dilakukan oleh Arsenal, sepanjang sejarah klub tersebut. Selain itu, gelandang tim nasional Jerman itu juga menjadi pemain termahal negaranya itu saat ini. Begitu banyak rekor tercipta dalam proses kepindahannya itu. Wajar saja jika pemain berusia 24 tahun itu mendapat tanggung jawab besar demi prestasi untuk The Gunners.

Meski begitu, Ozil bukanlah orang Jerman pertama di Arsenal. Sebelumnya, sudah pernah ada tujuh orang Jerman lainnya yang bermain bersama klub yang bermarkasa di Emirates Stadium tersebut, dan semuanya didatangkan selama kepemimpinan pelatih Arsene Wenger di klub tersebut. Pengalaman rekan-rekan senegaranya itu mungkin bisa menjadi bahan pelajaran bagi perjalanan karir Ozil selanjutnya di Arsenal.

Pemain Jerman lainnya yang masih aktif bermain di klub asal London itu hingga saat ini, salah satunya adalah Lukas Podolski. Penyerang berusia 28 tahun itu baru satu musim bermain untuk Arsenal, setelah direkrut dari klub Bundesliga Jerman, Koln pada musim 2012/2013 lalu. Kedatangannya pun menjadi jawaban bagi lini depan klub tersebut, yang saat itu baru saja kehilangan Robin van Persie yang pindah ke Manchester United.

Di boyong dengan harga 11 juta poundsterling, Podolski berhasil menjadi salah satu duet striker terbaik di Liga Inggris musim lalu, bersama Olivier Giroud yang juga baru bergabung. Ia mampu menjadi salah satu bintang Arsenal dengan mengandalkan pengalaman dan juga ketajamannya di depan gawang lawan. Hasilnya, Podolski sukses menyarangkan 16 gol, serta 12 assist dalam musim debutnya tersebut. Selain pemain yang mengenakan kostum bernomor punggung 9 itu, juga ada satu lagi permain Jerman lainnya yang sama-sama direkrut pada tahun 2012 lalu, yaitu Thomas Eisfeld. Mungkin belum banyak yang mengenal nama pesepakbola yang bermain di posisi gelandang ini, karena ia memang masih berusia 20 tahun. Meski begitu, Arsenal tertarik membelinya seharga 600 ribu poundsterling, karena talenta menjanjikan yang dimilikinya.

Eisfeld sempat menarik perhatian banyak klub-klub besar saat masih bermain untuk tim akademi Borussia Dortmund di Liga U-19 Jerman. Ia sukses mencetak enam gol dan enam assist dalam 12 pertandingan. Meski belum dimainkan Arsenal, kiprah pemain yang sudah pernah mengenakan kostum tim nasional Jerman sebanyak satu kali itu masih ditunggu, mengingat kesempatannya masih banyak karena usia yang muda. Salah satu pemain Jerman lainnya yang menjadi andalan Arsenal hingga musim ini adalah Per Mertesacker. Bek tengah berusia 29 tahun ini dibeli dari Werder Bremen dengan harga 10 juta poundsterling pada musim 2011/2012 lalu. Hingga saat ini, pemegang caps 76 kali bersama tim nasional Jerman itu selalu jadi pilihan utama Wenger untuk menjaga daerah pertahanan Arsenal., Nah, Ozil bisa belajar adari ketiga rekan senegaranya ini! Agen Bola